Minggu, 26 September 2010

Sunbeam S7

Sunbeam merupakan merk sepeda motor yang mulai berproduksi pada tahun 1912, meskipun perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 1859. John Marston, pemilik dari perusahaan ini pada awalnya hanya membuat panci dan wajan. Dari sanalah akhirnya produksinya mulai merambah ke produksi sepeda, sepeda motor dan mobil. Semua item yang dibuat oleh Sunbeam yang dikenal mempunyai kualitas pengerjaan yang sangat baik. Salah satu mesin awal yang dihasilkan oleh Sunbeams adalah mesin silinder tunggal, atau V JAP kembar dan kemudian juga muncul model King Abingdon Dick V silinder ( V twins ) dan Swiss silinder kembar ( MAG ). Sepanjang sejarah, Sunbeams ini telah teruji kehandalannya utamanya untuk balapan.

Pada tahun 1936 perusahaan ini dijual ke AJS. Mereka telah membeli Matchless beberapa tahun sebelumnya dan tiga perusahaan bersama ini ( Sunbeam, Matchless dan AJS ) dikenal sebagai Associated Motor Cycles, atau AMC. AMC berharap untuk mendapatkan beberapa model baru dengan akuisisi Sunbeam ini. Model-model baru keluar hanya beberapa bulan ketika Perang Dunia II mulai dan setelah itu semua produksi AMC beralih ke mesin untuk penggunaan militer.

Ketika perang berakhir Sunbeam berpindah tangan lagi menjadi bagian dari Birmingham Small Arms, lebih dikenal sebagai BSA. Sunbeam S7 tahun 1946 adalah paduan 487cc twin silinder vertikal. Mesin pertama yang dihasilkan memiliki getaran yang sangat buruk sehingga unit pertama ini harus ditarik kembali dari pasaran sampai ditambahkan penyangga mesin dengan karet ditambahkan.

Model berikutnya dirilis pada 1949 dan disebut De-Luxe, meskipun pada dasarnya semua yang berubah adalah warna dari seragam semua hitam untuk Mist Green. Ada perubahan kecil lainnya seperti penerapan tuas stang modern. Pada tahun yang sama S8 ini dirilis, mesin ini dilengkapi dengan A10 BSA (650cc twin) yang lebih gaya dan garpu roda sepeda yang memberikan tampilan sporty dan jauh lebih ramping. S7 dan S8 digunakan untuk militer sampai dengan tahun 1956 dan setelah itu produksi berhenti dan nama Sunbeam digunakan pada skuter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar