Rabu, 22 September 2010

Norton 500 tahun 1929

James Lansdown Norton mendirikan Perusahaan Norton pada tahun 1898 di wilayah kaya pabrik pembuat sepeda motor Birmingham dan memproduksi serta memasok suku cadang untuk pabrikan-pabrikan sepeda dan sepeda motor.
Norton mulai memproduksi sepeda motor pertamanya pada tahun 1902 dengan menggunakan mesin Clement dan Peugeot.

Sepeda motor Norton dianggap "ketinggalan jaman", masih menggunakan penggerak sabuk pada awal Perang Dunia Pertama namun segera memperbaiki teknologinya setelahnya dengan kopling, gearbox (kotak perseneling) dan penggerak rantai.
Norton mengalami kesuksesan besar di balapan termasuk menduduki sembilan tempat pada empat puluh besar pada Manx TT yang pertama pada tahun 1920 meskipun tak satupun dari Sembilan tempat memperoleh kemenangan.
Norton juga memperoleh kemenangan di Brooklands dan arena-arena balap lain di Eropa.
Norton dibeli oleh raksasa sepeda motor Associated Motor Cycles (AJS, Matchless, James dan Francis-Barnett) pada tahun 1953 setelah diketahui bahwa perusahaan tidak dapat bertahan secara finansial meskipun keberhasilan dari kerangka featherbed yang digunakan pada motor balap serta Dominator pada tahun 1952. Pengambil alihan ini bukan merupakan berita gembira bagi para penggemar Norton. AMC berada di tangan kurator pada tahun 1966.
Norton adalah satu-satunya merek sepeda motor di perusahaan tersebut yang menghasilkan uang pada saat itu. Pemilik yang baru menyebutnya Norton-Villiers perusahaan yang bereformasi.
Beberapa tahun berlalu hanya untuk mengalami kesulitan keuangan lagi.
Pada tahun 1973, Pemerintah Inggris mencoba untuk menyelamatkan industri sepeda motor dengan mendorong merger BSA/Triumph dan Norton-Villiers untuk mengembalikan dana agar usaha tetap bertahan. Perusahaan hasil dari merger terebut disebut Norton-Villiers-Triumph (NVT).
Penjelmaan dari Norton ini bubar pada tahun 1978 namun pemilik yang baru mempertahankan sepeda motor-sepeda motor bermesin building rotary selama 15 tahun kemudian dengan beberapa keberhasilan namun sedikit penjualan sampai pada akhirnya nama Norton sebagaimana kita tahu lambat-laun menghilang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar