Senin, 20 September 2010

Sejarah M20

Sejarah

BSA M20 adalah sepeda motor Inggris yang dibuat oleh Perusahaan Birmingham Small Arms (BSA) di pabrik mereka di Small Heath, Birmingham pada tahun 1936. M20 yang berkembang menjadi salah satu sepeda motor militer Inggris, serta menjadi jenis yang paling banyak diproduksi untuk Perang Dunia II dengan jumlah sekitar 126.000 dan masih begitu banyak yang digunakan di seluruh dunia pada saat ini.

Pengembangan

Pada awal pecahnya Perang Dunia II, BSA merupakan produsen terbesar yang memasok persenjataan untuk angkatan bersenjata. Dirancang oleh Val Page, BSA M20 memulai pengembangan pada tahun 1937 sebagai model sespan dibingkai dengan mesin 500cc sisi katup silinder tunggal yang sederhana. Itu kompresi rendah dan banyak torsi low end melalui gearbox BSA standar. M20 yang dibuat pada tahun 1939 merupakan standar sipil dengan penambahan perlengkapan militer, seperti lampu Lucas DUl42 (dilengkapi dengan masker keluar hitam), sebuah cover timing-gear dengan sekrup-in plug untuk akses ke drive magneto dan topi filler khusus bensin dan tangki minyak. Model-model M20 awal militer juga dilengkapi dengan prop berduri panjang berdiri di belakang nearside diputar dari lug sambungan brazing pada frame tabung belakang. BSA M20 ini diekspor model ke Swedia, Afrika Selatan dan India, serta dealer sipil dan distributor.

Pemboman Pabrik M20

Banyak pekerja BSA M20 tewas dalam serangan udara pada pabrik BSA di Gudang Senjata Road, Small Heath, Birmingham pada malam Selasa 19 November 1940. Pabrik itu salah satu target utama Luftwaffe dan di bom yang mengakibatkan ujung selatan bangunan BSA di Gudang Senjata Road hancur. Pada peristiwa tersebut 53 pekerja tewas, 89 luka-luka dan sebagian besar pabrik dan peralatan hancur atau rusak Walaupun demikian, BSA masih memiliki 67 pabrik sehingga pekerjaan dipindahkan di tempat lain dan produksi masih tetap berlanjut.

Modifikasi

Pada Oktober 1939 M20 dimodifikasi dengan menyertakan girder-garpu dan penghapusan dari spatbor belakang valanced. Selama tahun 1940 akhir, beberapa M20 spesifikasi sipil dibeli oleh Angkatan Bersenjata dengan skema cat model militer. Pada tahun 1941 plat nomor depan dan belakang telah dihapus dan antara tahun 1941 dan 1942 ditambahkan peredam tombol khusus terbuat dari bakelite (kemudian diganti dengan baja tekan). DU142 yang merupakan lampu utama diganti dengan yang lebih kecil dengan Lucas 6 DU42, dengan berkerudung, slotted perisai hitam-out, dan lampu L-WD-MCT1A. Kebanyakan sepeda motor BSA M20 digunakan oleh Angkatan Darat Inggris, tetapi Angkatan Laut Kerajaan dan Angkatan Udara juga menggunakan M20 ini. M20 dirancang sebagai sepeda motor untuk keperluan umum, mengawal konvoi dan untuk pengiriman. BSA M20 adalah bentuk yang handal dan terjangkau pasca perang, sehingga BSA M20 ini dicat ulang model WD khaki hitam dan mereka menjadi sangat populer sebagai sepeda motor sespan.

BSA M20 112 MPH

M20 ini juga telah dikembangkan oleh spesialis untuk uji kecepatan. Sebuah BSA M20 pada tahun 1938 dikendarai oleh Bill Jenkins dari Dallas sanggup mencapai kecepatan tertinggi 108 mph di Bonneville Salt Flats dan menjadikannya M20 tercepat di dunia. Mesin sisi-katup asli dimodifikasi secara luas dan dilengkapi dengan asam nitrat. Port asupan dilatih di sudut curam ke blok sehingga karburator menunjuk pada bagian bawah katup intake.
Pada Oktober 1995 , sebuah M20 dengan sproket poros engkol BSA Gold Star dan berbahan bakar campuran Methanol 95% / 5% Aseton dikendarai oleh Pat Jeal mencapai kecepatan 112 mph di lapangan udara bekas dari RAF Elvington, Yorkshire

Tidak ada komentar:

Posting Komentar