Senin, 20 September 2010

Sejarah Singkat BSA Motorcyles

The Birmingham Small Arms (BSA) merupakan perusahaan yang menghasilkan tidak hanya sekadar motor, pesawat, taksi, senjata dan banyak lagi. Tentu saja sepeda motor merupakan bagian besar dari kegiatan perusahaan dan tahun 1950-an mereka memproduksi lebih dari 75.000 sepeda.


BSA berdiri pada tahun 1863 dan divisi sepeda motor mulai berdiri pada tahun 1880. Sepeda bermesin pertama diluncurkan pada tahun 1905 dengan mesin Minerva kecil yang melekat padanya.

BSA memiliki reputasi baik untuk sepeda yang handal dan sukses tumbuh dengan diperkenalkannya S27 (juga dikenal sebagai model Sloper). Itu dihasilkan selama 10 tahun dan tersedia dalam 350cc, 500cc dan kemudian mesin 595cc. Sepanjang produksi sedikit diubah sehingga rancangan aslinya menjadi populer.

Selama perang dunia kedua BSA terkena serangan pasukan Jerman dan membuat mereka kesulitan berproduksi. Namun demikian, BSA terus memproduksi sepeda dan senjata dalam jumlah besar. Setelah Perang Dunia Kedua BSA adalah produsen terbesar sepeda motor di seluruh dunia.

Pada tahun 1937 Walter Handley mengendarai BSA dengan kecepatan diatas 100mph (160 k / jam) pada trek balap melengkung. Prestasi ini membuatnya mendapatkan sebuah bintang emas yang kemudian diadaptasi oleh BSA dalam model sepeda motor berikutnya bernama Gold Star. Gold Star menjadi roadster yang sangat populer dalam dunia balapan dan tetap diproduksi sampai tahun 1963.

Akhir 1950-an diperkenalkan model A7 (500cc) dan kemudian A10 (650cc). Berbagai jenis model A diproduksi dengan nama besar seperti Super Flash atau Road Rocket. Sebuah model yang sangat sederhana dalam tampilan,harga yang terjangkau pada jamannya, tidak boros serta dapat diandalkan merupakan alasan utama bagi mereka untuk tetap populer. Model A menjadi desain merek dagang dari BSA. Pada tahun 1962 mereka telah diganti dengan A50 (500cc) dan A65 (650cc).

BSA menghasilkan Rocket Three Triple 750cc yang dikembangkan dan diproduksi pada saat kondisi keuangan perusahaan sedang sulit. Karena kerugian yang cukup besar, akhirnya perusahaan BSA dibeli oleh perusahaan Triumph Norton Villiers dan terakhir memproduksi sepeda motor pada tahun 1973.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar